KPU Sosialisasi Pemilu ke Penyandang Disabilitas

Faisal Abdalla    •    Kamis, 14 Feb 2019 11:41 WIB
penyandang disabilitaspemilu serentak 2019
KPU Sosialisasi Pemilu ke Penyandang Disabilitas
Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan sosialisasi pemilihan umum serentak 2019 kepada ratusan penyandang disabilitas. (Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla)

Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan sosialisasi pemilihan umum serentak 2019 kepada ratusan penyandang disabilitas. Sosialisasi dianggap penting untuk memastikan penyandang disabilitas mendapatkan informasi dalam menggunakan hak pilihnya.

"Agar para penyandang disabilitas tahu caranya ketika datang ke tempat pemungutan suara (TPS) harus menemui siapa," kata Kepala Biro Teknis dan Masyarakat (Biro Tekmas) KPU RI, Nur Syariah di Kantor Kementerian Sosial, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis, 14 Februari 2019. 

Pada kesempatan itu, Nur menjelaskan kepada penyandang disabilitas terkait informasi umum pemilu. Seperti, tanggal pemungutan suara, jumlah surat suara yang akan dicoblos, kode warna surat suara, hingga informasi mengenai calon-calon yang akan dipilih pada Pemilu Serentak 2019. 

Baca juga: Bawaslu: Pemilih Disabilitas Mental Perlu Didata

Selain itu Nur juga mengajak para penyandang disabilitas mulai mengenali calon-calon anggota legislatif hingga pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pemilu 2019. Pemilih akan menghabiskan waktu lebih singkat di TPS apabila sudah mengenali calon yang akan dipilihnya terlebih dahulu. 

Anggota Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) sekaligus Perkumpulan Penyandang Disabilitas Fisik Indonesia (PPDFI), Vincent Mariano, mengapresiasi sosialisasi yang diselenggarakan KPU. Sosialisasi ini bekerja sama dengan Pusat Pemilihan Umum Akses (PPUA) Disabilitas. 

"Ini bentuk perhatian pemerintah terutama KPU agar pemilih disabilitas memiliki hak yang sama dengan pemilih nondisabilitas. Pemilih disabilitas sering menemui banyak hambatan dan itu perlu dipahami serta direspons oleh KPU," kata dia.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Sserentak 2019 tercatat 1.247.730 pemilih penyandang disabilitas, dengan rincian 83.182 tunadaksa, 166.364 tunanetra, 249.546 tunarungu, 332.728 tunagrahita, serta 415.910 penyandang disabilitas lainnya. 

Baca juga: Penyandang Disabilitas Mental Bisa Didampingi Saat Nyoblos


(MEL)