Mendagri: Bupati Boyolali Membela Harga Diri

Dheri Agriesta    •    Rabu, 07 Nov 2018 13:22 WIB
pilpres 2019Prabowo-Sandi
Mendagri: Bupati Boyolali Membela Harga Diri
Mendagri Tjahjo Kumolo/Medcom.id/Surya Perkasa

Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mempersilakan masyarakat melaporkan Bupati Boyolali Seno Samodro ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan kepolisian. Namun, Tjahjo menegaskan tindakan Seno mengajak masyarakat tak memilih Prabowo Subianto merupakan pembelaan harga diri.

"Saya kira enggak bisa disalahkan dia, soal ada yang memprotes silakan, tapi dia membela harga diri kehormatan daerah yang dia pimpin," kata Tjahjo di JCC Senayan, Jakarta, Rabu, 7 November 2018.

Tjahjo mengatakan sebagai bupati, Seno memiliki hak menjaga kehormatan dan harga diri daerah serta masyarakatnya. Ia pun tak mempermasalahkan tindakan yang diambil Seno.

Namun, Tjahjo menjawab diplomatis saat ditanya mengenai kata-kata kasar yang sempat terlontar dari mulut Seno. Politikus PDI Perjuangan itu menilai tak ada manusia yang luput dari kesalahan.

"Dalam konteks pileg atau pilpres kalau memang enggak setuju silakan laporkan ke Bawaslu," jelas Tjahjo.

Baca: Buntut Kelakar Prabowo, Bupati Boyolali Dilaporkan ke Bawaslu

Ratusan orang dari Forum Boyolali Bermartabat berunjuk rasa. Mereka marah lantaran pernyataan Prabowo soal 'tampang Boyolali'.

Unjuk rasa dilakukan di Balai Sidang Mahesa, kompleks perkantoran Pemerintah Kabupaten Boyolali dan Simpang Lima. Unjuk rasa itu dihadiri Bupati Boyolali Seno Samodro, Wabup Boyolali Said Hidayat, dan Ketua DPRD S. Paryanto.

Seno mengajak warganya tak memilih Prabowo Subianto pada Pilpres 2019. Ia menilai pernyataan Prabowo merendahkan masyarakat Boyolali.

Kelompok Advokat Pendukung Prabowo Subianto melaporkan Bupati Boyolali Seno Samodro ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Mereka menuding Seno, selaku kepala daerah, melakukan pelanggaran pemilu.

Pelapor membawa sejumlah barang bukti berupa cuplikan video serta berita di media daring. Selain melapor ke Bawaslu, Advokat Pendukung Prabowo juga melaporkan Bupati Seno ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri.


(OJE)