Anggiasari, Caleg Pejuang Difabel dari DIY

Ahmad Mustaqim    •    Sabtu, 27 Oct 2018 12:59 WIB
pilegpemilu serentak 2019
Anggiasari, Caleg Pejuang Difabel dari DIY
Anggiasari Puji Aryati, calon legislatif Partai NasDem dari DI Yogyakarta. Metro TV

Yogyakarta: Anggiasari Puji Aryati, calon legislatif Partai NasDem, akan bertarung di daerah pemilihan (Dapil) DIY dalam Pemilu 2019. Anggiasari dari kelompok disabilitas yang berani berkompetisi di Pileg 2019 untuk melawan keterbatasan.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Subardi, mengatakan, partainya menjadi satu-satunya yang berani mengakomodasi keikutsertaan caleg disabilitas. Meski sebagian masyarakat memandang miring kelompok disabilitas, ia meyakini tak semua demikian.

"Kami melihat (Anggiasari) ini memiliki potensi besar. Dia sosok yang cerdas," kata Subardi saat dihubungi Medcom.id di Yogyakarta, Sabtu, 27 Oktober 2018.

Anggiasari yang mendapat nomor urut enam ini akan bertarung dengan politikus dan tokoh yang menjadi caleg Partai NasDem di Dapil DIY. Misalnya, Mulyono, mantan Wakil Bupati Kulon Progo, DIY, periode 2006-2011. Selain itu, ada Bendoro Radem Ayu (BRAy) Nuraida Joyo Kusumo, istri almarhum Gusti Bendoro Pangeran Haryo Joyokusumo yang juga kerabat Kraton Yogyakarta.

Kemudian, ada nama Woro Indah Widiastuti. Caleg Partai NasDem nomor tiga ini terakhir menjabat Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi di Kementrrian Komunikasi dan Informatika. Saat ini menjabat sebagai Direktur Teknik Metro TV.

Selain lima nama di atas, ada Sinta Melodiana Putri, anak politikus Ambar Tjahyono (poplitikus Partai Demokrat), Subardi, dan Handoyo Mawardi, warga Yogyakarta dari kalangan pengusaha). Nama terakhir yakni Benyamin Sudarmaji, mantan calon bupati Gunungkidul dari jalur independen.

Subardi berharap para caleg tersebut bisa bekerja keras di Dapil DIY. Meskipun, ia menyadari pertarungan akan disertai dengan rivalitas dan kompetitor.

"Kami tahu petarungan di Dapil DIY tidak mudah. Tapi, kami menarget minimal bisa mendapat dua kursi di DPR dari Dapil DIY," ujarnya.


 


(SUR)