Kaka 'Slank' Serahkan Surat Laut ke Jokowi dan Prabowo

Fachri Audhia Hafiez    •    Selasa, 12 Feb 2019 16:18 WIB
pilpres 2019Jokowi-Ma`rufPrabowo-Sandi
Kaka 'Slank' Serahkan Surat Laut ke Jokowi dan Prabowo
Vokalis grup musik Slank, Akhadi Wira Satriaji, menyerahkan surat laut kepada perwakilan kubu Jokowi-Ma'ruf, Roosdinal Salim. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Jakarta: Vokalis grup musik Slank, Akhadi Wira Satriaji, mengirimkan surat laut untuk kedua pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pilpres 2019. Surat itu diharapkan menjadi fokus kerja bagi siapa pun yang terpilih pemimpin negeri.

Kaka 'Slank', sapaan karib Akhadi, menyerahkan surat kepada influencer Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Roosdinal Salim. Sementara itu, perwakilan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tak menghadiri penyampaian surat ini. Kaka memastikan surat akan disampaikan melalui juru bicara BPN Viva Yoga Mauladi.

"Mudah-mudahan isu laut ini bisa diangkat atau dikemukakan dan bisa terbuka karena suara laut ini menurut saya cukup vital dan cukup menjadi hal yang bisa memotivasi capres mendatang, mudah-mudahan. Bismillah saya serahkan," kata Kaka saat menyerahkan surat ke Roosdinal di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 12 Februari 2019.

Roosdinal menerima surat yang berisi 11 poin rekomendasi itu. Dia kemudian membacakan secara langsung isi surat di hadapan awak media. Pertama, dia menyebut pemerintah ke depan diharap memastikan pengelolaan laut yang berkelanjutan dengan memperhatikan daya dukung dan daya tampung dukungan termasuk penggunaan penggunanan plastik dan pelarangan plastik sekali pakai.

Kaka, yang juga aktivis Komunitas Pandu Laut, meminta pemerintah menjamin hak nelayan kecil untik mencari ikan dan secara berkelanjutan. Ketiga, pemimpin 2019-2024 harus menghentikan segala bentuk kegiatan ilegal di laut, termasuk penangkapan ikan ilegal dan perusakan ekosistem laut indonesia.

"Kemudian keempat, memperhatikan kerentanan pulau pulau kecil indonesia dari dampak perubahan iklim. Kelima, memastikan kementerian dan lembaganya yang mengurus laut di Indonesia dipimpin individu yang profesional tidak memiliki kepentigan politik," lanjut dia.

Selanjutnya, Jokowi dan Prabowo diharap memprioritaskan pemberdayaan sumber daya manusia di bidang kemaritiman. Ketujuh, kedua pihak harus memperhatikan kesetaraan hak-hak perempuan nelayan dalam memperoleh perlindungan nelayan.

Baca: Kaka Slank Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi

Kedelapan, pemerintah juga wajib membangun konektivitas yang dapat mendukung ekonomi kelautan. Selanjutnya, negara perlu membuat program-program kelautan yang lebih terukur untuk memudahkan pengawasan masyarakat 

"Kesepuluh kerampingan birokrasi. Terakhir kesebelas, penguatan pemahaman kemaritiman di masyarakat agar masyarakat dapat menjadi penyangga laut," ujar dia.

Roosdinal akan menyampaikan surat tersebut terlebih dahulu ke Ketua Tim TKN Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir. Selanjutnya, surat akan disampaikan ke Jokowi.

"Karena masukan ini sangat penting. saya banyak sekali mendapat ilmu baru karena bapak dan ibu-ibu tadi di sini dan semangat dari Bro Kaka 'Slank' mestinya dikasih vitamin agar semakin menggeliat luar biasa," pungkas dia.



(OGI)