Pembangunan Infrastruktur dan Energi 'Senjata' Jokowi

Intan Yunelia    •    Minggu, 17 Feb 2019 04:00 WIB
debat capres cawaprespilpres 2019Jokowi-Ma`ruf
Pembangunan Infrastruktur dan Energi 'Senjata' Jokowi
Presiden Joko Widodo di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Foto: MI/Ramdani.

Jakarta: Pembangunan infrastruktur dan energi diyakini akan menjadi senjata Jokowi dalam menghadapi debat kedua. Banyak pencapaian dan hasil nyata kinerja Jokowi selama empat tahun terakhir di dua sektor ini. 

"Debat kedua ini akan menjadi panggung Pak Jokowi, karena menguasai persoalan infrastruktur dan energi yang menjadi tema dalam debat," kata Ketua Umum PPP, M Romahurmuziy di Jakarta, Sabtu, 16 Februari 2019.

Dalam beberapa tahun terakhir, Jokowi menggencarkan pembangunan infrastuktur di berbagai daerah. Pembangunan tersebut menciptakan pemerataan, pertumbuhan ekonomi dan konektivitas antar daerah.

Baca: Pengamat: Keberhasilan Jokowi Perlu Dimasifkan

Jokowi tak hanya membangun jalan. Eks Wali Kota Solo itu juga telah memenuhi kebutuhan listrik yang menjangkau 94 persen penduduk di Indonesia. Sementara itu, biaya pokok penyediaan energi listrik menurun.

Pada 2019, pemerintah juga menargetkan 99 persen penduduk bisa menikmati aliran listrik. Jokowi juga melakukan konverasi pada energi baru dan terbarukan dengan memperbanyak penggunaan biofuel.

"Dan menurunkan biaya pokok penyediaan energi listrik," ujar Rommy.

Debat kedua ini akan berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu, 17 Februari 2019. Tema yang diangkat yakni energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.


(AZF)