SBY Larang Caleg Demokrat Umbar Janji

Ahmad Rofahan    •    Rabu, 31 Oct 2018 14:43 WIB
pilegpemilu serentak 2019
SBY Larang Caleg Demokrat Umbar Janji
Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat safari politik ke Cirebon, Jawa Barat. Medcom.id/Ahmad Rofahan

Cirebon: Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono melarang kepada calon legislatif (Caleg) dari partainya terlalu muluk-muluk dan mengumbar janji ke masyarakat. Menurut SBY janji muluk yang banyak disampaikan calon malah tidak dilaksanakan.

"Saya larang untuk berjanji yang muluk-muluk. Karena kalau janjinya kebanyakan, biasanya tidak dilaksanakan,” ujar SBY saat berdilog di Rumah Aspirasi Herman Khaeron di Cirebon, Jawa Barat, Rabu, 31 Oktober.

Presiden ke-6 Republik Indonesia ini meminta caleg untuk lebih dekat dengan masyarakat. Ia menginstruksikan caleg untuk mendengarkan secara langsung aspirasi masyarakat.

"Mulai bulan ini, kunjungi masyarakat dan dengarkan persoalan yang sedang dihadapi," kata SBY.

SBY juga meminta caleg menggali harapan dari masyarakat terhadap pemerintah. Baik itu pemerintahan saat ini, atau pun pemerintahan yang akan datang.

Caleg juga diperintahkan untuk menanyakan harapan rakyat terhadap partai berlambang mercy ini.

"Jangan sampai rakyat memilih partai, namun partainya tidak melakukan apa yang diharapkan oleh rakyat," kata SBY.

SBY menyebut safari yang dilaksanakannya kali ini upaya untuk mendengarkan suara rakyat. Ia juga meminta kader Demokrat untuk mengatakan fakta sebenarnya ketika berdialog dengan masyarakat.

Berdialog dengan masyarakat, kata dia, bukan untuk memprovokasi masyarakat. "Kalau yang baik, katakan baik. Kalau yang tidak baik, katakan tidak baik," tegas SBY.


(SUR)