Prabowo Sulit Dikritik karena Tak Punya Prestasi

Anggi Tondi Martaon    •    Rabu, 13 Feb 2019 20:05 WIB
debat capres cawaprespilpres 2019Jokowi-Ma`ruf
<i>Prabowo Sulit Dikritik karena Tak Punya Prestasi</i>
Anggota TKN Jokowi-Ma'ruf, Taufik Basari/Medcom.id/Anggitondi Martaon

Jakarta: Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Taufik Basari, memahami tak ada yang bisa dikritik dari penantan calon petahana. Prabowo Subianto sama sekali tak pernah apalagi memiliki prestasi untuk tema debat kedua Pilpres 2019.

Debat kedua bakal mengangkat isu energi, infrastruktur, pangan, lingkungan dan sumber daya alam. Tak pernah ada Prabowo dalam catatan sejarah memajukan aspek-aspek tersebut.

"Belum ada catatan keberhasilan, belum ada catatan memerintah untuk isu-isu itu," kata Taufik usai diskusi 'Menuju Debat 2, Siapa Makin Kinclong' di kawasan Jalan Haji Juanda, Jakarta, Rabu, 13 Februari 2019.

Baca: Jokowi Menguasai Tema Debat Kedua

Sebaliknya, petahana selalu mendapat kritik di aspek-aspek tersebut. Mereka yang mengkritik menganggap kebijakan Jokowi tidak efesien atau selalu dikaitkan dengan politik.

Namun, politikus NasDem itu ogah mengurusi kritik tersebut. Ia memastikan Jokowi siap menjawab semua kritik dan pertanyaan saat debat berlangsung.

"Tentu dengan posisi yang harus diakui lebih sulit karena sebagaj petahana. Penantang adalah subjek yang lebih leluasa bertanya dan mengkritik," ungkap mantan aktivis Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia itu.

Baca: KPU Sediakan Sesi Khusus pada Debat Kedua

Taufik juga menyebut Jokowi tak memiliki persiapan khusus jelang debat kedua. Presiden ke-7 Indonesia itu akan menjawab semua kritik dengan berbagai prestasi 4 tahun belakangan.

"Pak Jokowi tentunya hanya menyampaikan apa yang dilakukan selama ini dengan data yang benar dan tentu siap menjawab bergaai kritikan apa yang telah dilakukan Pak Jokowi selama ini," ujar Plt Ketua DPW Nasdem Provinsi Lampung itu.


(OJE)