Kisi-Kisi Pertanyaan Debat Bakal Dievaluasi

Faisal Abdalla    •    Sabtu, 12 Jan 2019 15:20 WIB
debat capres cawaprespilpres 2019
Kisi-Kisi Pertanyaan Debat Bakal Dievaluasi
Komisioner KPU, Wahyu Setiawan - Medcom.id/Faisal Abdalla.

Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal mengevaluasi pelaksanaan debat perdana Pilpres 2019. Termasuk yang berkaitan dengan penggunaan kisi-kisi pertanyaan debat. 

"Jika ada kekurangan dalam debat pertama, akan kita perbaiki bersama konsepnya untuk debat kedua. Jika ada yang baik kita gunakan lagi," kata Komisioner KPU, Wahyu Setiawan saat dihubungi, Sabtu, 12 Januari 2019. 

Wahyu mengatakan evaluasi debat perdana bakal melibatkan berbagai pihak seperti lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan masyarakat. KPU mengajak semua pihak untuk bersama-sama memformulasikan format debat agar semakin baik. 

Dia mengakui keputusan KPU terkait pemberian kisi-kisi pertanyaan debat kepada pasangan calon (palson) baru kali ini dilakukan. Wahyu tak menutup kemungkinan format kisi-kisi pertanyaan debat tak digunakan lagi pada debat selanjutnya. 

Namun, ini semua bergantung pada hasil evaluasi debat perdana nanti. "Jadi konsep debat pertama bukan konsep baku untuk seluruh debat. Akan kita evaluasi mendengarkan masukan masyarakat dan pandangan berbagai pihak," tandas Wahyu. 

Debat perdana pilpres akan digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis, 17 Januari 2019. Isu yang akan diangkat pada debat perdana adalah Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. 

(Baca juga: KPU Optimistis Debat Pilpres 2019 Lebih Menarik)
 


(REN)