Ridwan Kamil Siap Jika Dipanggil Bawaslu

Roni Kurniawan    •    Jumat, 11 Jan 2019 13:12 WIB
pilegpilpres 2019pemilu serentak 2019
Ridwan Kamil Siap Jika Dipanggil Bawaslu
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Medcom.id/Roni Kurniawan

Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) mengaku siap jika dipanggil oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Hal itu diungkapkan terkait dilaporkannya Emil ke Bawaslu oleh Aliansi Anak Bangsa (AAB) karena pose satu jari.

"Jika dipanggil, saya akan hadir. Enggak masalah, (ini) bentuk ketaatan kepada negara," ujar Emil di Gedung Sate, Jalam Diponegoro, Kota Bandung, Jumat 11 Januari 2019.

Emil telah dilaporkan oleh Aliansi Anak Bangsa karena dianggap melakukan kegiatan kampanye dengan pose satu jari saat menghadiri acara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jabar Festival di GOR Pajajaran, Kota Bandung, 2 November 2018 silam.

Namun Emil mempertanyakan dasar hukum laporan tersebut dan pelanggaran yang ia lakukan. Pasalnya Emil mengaku tidak melanggar secara hukum sebagai kepala daerah melakukan kegiatan tersebut.

"Pertanyaannya sederhana itu yang melaporkan tolong sebutkan pelanggaran hukumnya apa? Kan melaporkan itu kalau diduga ada pelanggaran hukum atau aturan. Jadi saya balikin, tolong sebutkan dengan jelas pelanggaran hukum dan aturannya apa. Kalau tidak bisa jawab ya berarti melaporkannya itu asal melaporkan karena tidak ada dasar hukumnya," beber Emil.

Baca: Acungkan Satu Jari, Emil Pastikan Dirinya tidak Melanggar

Emil menuturkan, kegiatan PKB di Bandung dilakukan pada hari Minggu yang secara hukum tidak melanggar aturan sebagai kepala daerah. Terlebih Emil pun hadir ke acara tersebut tidak menggunakan fasilitas negara termasuk kendaraan.

"Dilakukan di hari minggu, karena sudah konsultasi secara aturan. Naik mobil juga pribadi, naik kijang bukan mobil dinas. Jadi kembali lagi dasar pelaporannya apa. Tapi kalau ternyata tetap harus dipanggil dan diperiksa tidak masalah," pungkas Emil.
 


(ALB)