Bawaslu Kembali Tolak Gugatan OSO

Yogi Bayu Aji    •    Jumat, 12 Oct 2018 00:44 WIB
pemilu serentak 2019
Bawaslu Kembali Tolak Gugatan OSO
Ketua Umum Partai Hanuran - Oesman Sapta Odang - Medcom.id/Gervin Nathaniel P

Jakarta: Gugatan Ketua DPD Oesman Sapta Odang (OSO) ditolak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Bawaslu sepakat dengan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang tak memasukan OSO ke daftar calon tetap (DCT) karena menjadi pengurus partai politik.

"Menolak permohonan pemohon seluruhnya," kata Ketua Bawaslu Abhan saat membacakan putusan sidang adjudikasi di Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Kamis, 11 Oktober 2018.

Bawaslu berpegang pada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 30/PUU-XVI/2018. Aturan itu membahas soal pelarangan pencalonan anggota DPD dari unsur partai politik, sementara itu, OSO adalah ketua umum Partai Hanura.

Semua calon anggota DPD pun harus mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pengurus maupun fungsionaris partai saat mendaftar ke KPU. Bawaslu pun menekankan putusan MK final, mengikat, dan berkekuatan hukum tetap.

"Hal itu sesuai keterwakilan DPD yang memiliki ciri khas dan karakter tersendiri dan mandiri sehingga bersih dari kepentingan kelompok atau urusan parpol," jelas Abhan.

Baca: Bawaslu Tolak Gugatan OSO Soal Pengurusan Parpol

Sebelumnya, Bawaslu juga menolak gugatan dugaan pelanggaran administratif yang dilayangkan OSO terhadap KPU. Bawaslu berpandangan tak ada aturan yang dilanggar KPU dalam proses pencalonan anggota DPD.

Dalam perkara ini, OSO menggugat KPU lantaran mewajibkan kepada bakal calon DPD untuk menyampaikan surat pengunduran diri sebagai pengurus partai politik. Sementara itu, pencalonan DPD tidak boleh berasal dari pengurus partai politik.


(DMR)