Anies Baswedan Ungkap Alasan Memilih Jokowi-JK

   •    Kamis, 22 May 2014 23:22 WIB
jokowi capres
Anies Baswedan Ungkap Alasan Memilih Jokowi-JK
Antara/Fahrul Jayadiputra

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat Anies Baswedan akhirnya melabuhkan pilihannya kepada pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla sebagai calon pemimpin Indonesia periode 2014-2019.

Tidak sekadar kepincut dengan Jokowi-JK, Rektor Universitas Paramadina itu bahkan disebut-sebut menjadi juru bicara tim pemenangan pasangan yang diusung PDI Perjuangan, Partai NasDem, PKB dan Hanura tersebut.
 
Lalu bagaimana sampai Anies akhirnya memutuskan hal tersebut? Dalam sebuah surat elektronik yang diunggah di situs aniesbaswedan.com, pria lulusan Universitas Gadjah Mada, Northern Illinois University, dan University of Maryland School of Public Policy, College Park itu menjawab secara panjang lebar agar semua menjadi terang benderang.

'Kemarin saya menerima telepon dari Pak Jokowi, mengundang saya untuk membantu dalam perjalanan ke depan. Begitu juga dengan Pak Jusuf Kalla, beliau juga menelpon dan menyampaikan undangan yang sama. Sebagai warga negara dan sebagai kawan baik mereka, saya harus menjawab dan menentukan sikap...,' tulis Anies kepada para pendukungnya yang tergabung dalam Gerakan Turun Tangan.

Ia mengatakan setelah 15 tahun lebih reformasi berjalan, dirinya merasa Indonesia memerlukan penyegaran. Mulai dari cara pandang baru, semangat baru, pendekatan baru, cara kerja baru, dan bahkan orang baru.

'Baru memang bukan soal usia, walau memang usia muda sering diasosiasikan dengan baru. Kepemimpinan di pemerintahan perlu kebaruan. Saya melihat unsur kebaruan ini diperlukan untuk membuat terobosan dan membongkar berbagai kemacetan dalam pengelolaan negara ini,' lanjutnya.
 
Cendikiawan muslim itu kemudian mengatakan kepada para pendukungnya bahwa dirinya merasa pasangan Jokowi-JK lebih sesuai. Kendati pasangan ini tidak sepenuhnya mencerminkan kombinasi kebaruan mengingat Kalla adalah mantan wakil presiden, lanjut Anies, potensi memunculkan kebaruan dan terobosan dinilai lebih besar daripada pesaing mereka.

"Ada lebih besar harapan bahwa pasangan ini bisa menjalankan misi yang disebut di atas secara lebih optimal. Dengan latar belakang misi yang selama ini kita jalankan maka saya menyatakan bersedia untuk membantu pasangan Jokowi-JK," tegasnya. (Bob)




(NAV)