Debat III Prabowo vs Jokowi

Jokowi Dukung Palestina Merdeka, Komitmen Prabowo-PKS Dipertanyakan

- 22 Juni 2014 21:44 wib
MI/Susanto
MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Juru bicara Tim Pemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla, Hasto Kristiyanto, mengatakan dukungan Jokowi terhadap kemerdekaan Palestina dan menjadi anggota PBB merupakan sikap politik luar negeri yang sangat tegas.

Menurut Hasto Kristiyanto, sikap itu berdasarkan pemahaman atas Pembukaan UUD 45 dan kesadaran sejarah yakni prinsip kemerdekaan sebagai hak segala bangsa.

"Palestina adalah satu-satunya bangsa peserta Konferensi Asia-Afrika yang hingga saat ini belum diakui hak-haknya secara penuh sebagai bangsa merdeka. Dukungan Jokowi itu juga muncul dari kesadaran historis," ucap Hasto di Jakarta, Minggu (22/6/2014) malam.

Dia menambahkan Prabowo Subianto yang mendapat dukungan dari Partai Keadilan Sejahtera tidak menunjukkan ketegasan tersebut. Padahal, PKS selama ini kerap menyuarakan kemerdekaan Palestina.

"Hilangnya agenda dukungan terhadap Palestina ini mungkin sebagai bukti atas sikap Prabowo yang tidak mendengarkan masukan partai koalisinya," ucap Wakil Sekjen PDI Perjuangan itu.

Ia menambahkan, politik luar negeri bebas aktif harus ditujukan pada persaudaraan dunia. Hal ini sejalan dengan prinsip perikemanusiaan Indonesia. "Jokowi sangat memahami spirit Dasa Sila Bandung dan berkomitmen kuat untuk menggelorakan kembali kepemimpinan Indonesia di dunia internasional," terangnya.

Seperti diketahui dalam acara debat capres ketiga yang digelar di Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta, Jokowi mendukung Palestina merdeka.

"Saya dan Jusuf Kalla punya komitmen untuk mendukung penuh Palestina jadi negara merdeka, dan berdaulat dan mendukung penuh Palestina jadi anggota penuh PBB," ujar Jokowi. (*)

(Nav)

MOST VIEWED
MORE
MOST COMMENTED
MORE

Ketika BJ Habibie Merindukan Almarhumah Ainun

05 September 2017 12:07 wib

Mantan Presiden RI BJ Habibie dikenal sebagai seorang suami yang sangat mencintai sang istri Ainun Besari. Ainun meninggal dunia pada 22 Mei 2010 di Munchen, Jerman dan dimakamkan di TMP Kalibata, Jaksel.