Wamendag: Tugas Wamen Itu Penting

Husen Miftahudin    •    Jumat, 08 Aug 2014 17:30 WIB
isu peniadaan wamen
Wamendag: Tugas Wamen Itu Penting
Wamendag Bayu Krisnamurthi saat sidak ke pasar -- ANTARA FOTO/Adi Lazuardi

Metrotvnews.com, Jakarta: Wacana presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) menghapus jabatan wakil menteri (wamen) dalam suatu kementerian nampaknya banyak ditentang oleh para wakil menteri dan menteri itu sendiri.

Pasalnya, jabatan wakil menteri merupakan penunjang dalam menyeimbangkan posisi menteri yang notabene berasal dari politisi.

Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, saat ditemui di Kementerian Perdagangan, Jalan MI Ridwan Rais No. 5, Jakarta Pusat, Jumat (8/8/2014).

"Wamen ini penting lah. Saya kira dari kabinet pemerintahan saat ini ada juga kesan yang kuat bahwa hampir semua wakil menteri datang dari profesional, di mana beberapa menteri berasal dari politisi," ujar dia.

Dia menambahkan, posisi wamen dapat menyeimbangkan kemampuan politik dan profesional dalam menjalankan kebijakan dalam kementerian.

Bayu mencontohkan, dalam konteks kinerja wamen yang menurutnya penting, salah satunya di Kementerian Keuangan. Dia menjelaskan bahwa pembahasan APBN di DPR RI yang terus menerus dan kadang memakan waktu hingga berhari-hari, hanya bisa dilakukan oleh pejabat setingkat menteri dan wakil menteri.

"Misalnya di Menteri Keuangan tidak memiliki wamen, saya bisa bayangkan bahwa dia (menkeu) akan terpaksa harus terus menerus di DPR selama berhari-hari untuk pembahasan di DPR," ujar Bayu.


(AHL)