Jadi Presiden, Jokowi Tetap Blusukan

Timi Trieska Dara - 22 Agustus 2014 19:09 wib

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) mengaku tetap blusukan meski resmi menjabat sebagai Presiden ke-7 Republik Indonesia. Menurutnya mendengar suara rakyat secara langsung lebih efektif dari pada menerima laporan dari pejabat daerah.

"Ya tetap. Karena pertama, dalam manajemen perencanaan penting sekali mendengar suara rakyat langsung. Kita ingin lihat kebutuhan di bawah (rakyat), sehingga tidak keliru mendesain kebijakan," kata Jokowi dalam dialog bersama Najwa Shihab berjudul 'Selamat Datang Presiden ke-7' di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (22/8/2014).

Selain itu, kata Jokowi, blusukan merupakan cara dia melakukan pengawasan dan pengecekan ke sejumlah instansi atau lembaga apakah benar-benar melayani rakyat dengan baik.

"Kedua, sebagai manajemen pengawasan kontrol, checking, apakah program berjalan atau tidak. Kalau kita datang ke kantor pelayanan, imigrasi, kepolisian, apakah rakyat sudah dilayani atau belum. Sekali lagi, tetap akan blusukan," ujar Gubernur DKI Jakarta, itu.

Hal senada juga disampaikan wakil presiden terpilih, Jusuf Kalla. Menurutnya, blusukan merupakan cara untuk mengkroscek laporan dari daerah.

"Ada sistem bahwa percaya mata atau laporan. Kita lebih percaya mata daripada laporan. Believe your eyes, itu lah yang dilakukan Pak Jokowi," ujar JK dalam kesempatan yang sama.

(Ttd)

MOST VIEWED
MORE
MOST COMMENTED
MORE

Susi Pudjiastuti dan Sri Mulyani di Mata Kapolri

16 Agustus 2017 22:26 wib

Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian menilai model kepemimpinan Susi Pudjiastuti dan Sri Mulyani memiliki kesamaan dengan gaya kepemimpinannya yang tegas. Tetapi hal yang paling ia takuti adalah ketika Sri Mulyani mengatakan untuk memotong anggaran Kepolisian.