Pasca Putusan MK, KPU Surati Dua Pasangan Capres-Cawapres

Achmad Zulfikar Fazli - 22 Agustus 2014 19:39 wib
Ketua KPU Husni Kamil Manik (dua dari kanan)--Antara/Vitalis Yogi Trisna
Ketua KPU Husni Kamil Manik (dua dari kanan)--Antara/Vitalis Yogi Trisna

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum akan mengirimkan surat kepada kedua pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden 2014 untuk memberitahukan bahwa surat keputusan KPU tentang penetapan suara Pilpres dan pasangan capres-cawapres terpilih tertanggal 22 Juli 2014 adalah sah.

"Menindaklanjuti, menjalankan keputusan MK (Mahkamah Konstitusi) yang sudah keluar. Tinggal kami beritahukan bahwa keputusan KPU tetap berlaku," kata Komisioner KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/8/2014).

Selain itu, pascaputusan MK, Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan KPU akan melakukan evaluasi terkait pelaksanaan Pilpres 2014 dimulai dari persiapan hingga persengketaan yang terjadi di MK. Untuk menjadi bahan pembelajaran pelaksanaan pemilu ke depan baik Pemilu Kada maupun Piplres 2019 nanti.

"Semuanya akan dievaluasi dari sebelum proses pelaksanaannya, saat pelaksanaan, pascapelaksanaan sampai sengketa ini (MK)," kata Husni.

Tak hanya itu, daftar pemilih khusus tambahan (DPKTb) yang terus-menerus dipermasalahkan terutama oleh pasangan nomor urut 1, yang menggugat ke MK, juga akan dievaluasi. "DPKTb sebagai bahan evaluasi? Iya, tapi tidak diprioritaskan," ujar Husni.
 

(Lal)

MOST VIEWED
MORE
MOST COMMENTED
MORE

Susi Pudjiastuti dan Sri Mulyani di Mata Kapolri

16 Agustus 2017 22:26 wib

Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian menilai model kepemimpinan Susi Pudjiastuti dan Sri Mulyani memiliki kesamaan dengan gaya kepemimpinannya yang tegas. Tetapi hal yang paling ia takuti adalah ketika Sri Mulyani mengatakan untuk memotong anggaran Kepolisian.