Perlu Aturan Khusus soal Persenjataan di Indonesia

LB Ciputri Hutabarat    •    Senin, 09 Oct 2017 14:15 WIB
senjata ilegalsenjata
Perlu Aturan Khusus soal Persenjataan di Indonesia
Wakil Ketua DPR Fadli Zon/MI/Mohamad Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua DPR Fadli Zon menegaskan perlunya aturan khusus soal persenjataan di Indonesia. Aturan harus dibuat mendetail termasuk soal teknis agar pemesanan tak sembarangan.

"Misalnya persenjataan level apa jenis apa, masalah peluru tajam atau tidak. Paling tidak ada aturan mainnya," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Senin 9 Oktober 2017.

Fadli menjelaskan, harus ada pula pendekatan khusus untuk membuat aturan teknis soal pertahanan dan keamanan. Selama ini, lanjut Fadli, aturan main tersebut diabaikan.

"Mungkin ada irisan yang perlu dibenahi yang selama ini mungkin praktiknya berjalan seperti itu tapi tidak pernah ada yang membereskan," terang Wakil Ketua Umum Gerindra itu.

Selain regulasi teknis, Fadli juga menturkan perlu adanya koordinasi matang. Tidak boleh ada tumpang tindih antara satu institusi dengan institusi lainnya di bidang yang sama.

"Paling tidak, tidak ada overlap antara satu dengan yang lainnya pertahanan ataupun untuk keamanan. Jangan sampai kejadian lagi," ucap dia.


(OJE)